Gambaran Umum Sekretariat DPRD

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 30 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah  18 Tahun 2012 tentang Pembentukan Susunan, kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai implementasi PERPPU Nomor 03 Tahun 2005 tentang Perubahan Undang undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Kedudukan Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD yang dipimpin oleh seorang Sekretaris yang secara teknis operasional berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Pimpinan tertinggi dilembaga Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti dijabat seorang Sekretaris yang mengemban tugas dan fungsi manajerial, sedangkan tugas teknis dilaksanakan oleh Kepala Bagian Persidangan, Hukum dan Pengolah Data Aspirasi, Kepala Bagian Umum, dan Kepala Bagian Keuangan sebagai Supervisor dan di bawah Kepala Bagian masih ada Kepala Sub Bagian (Kasubag).