Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 30 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah  18 Tahun 2012 tentang Pembentukan Susunan, kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, tertuang struktur Organisasi Sekretariat DPRD yang dapat digambarkan sebagai berikut :

Sekretaris DPRD merupakan pimpinan dari Sekretariat DPRD dalam unsur pelayanan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang mempunyai tugas menyelengarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, yang dalam perlaksanaan tugas Sekretariat DPRD menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;
  2. Penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;
  3. Penyelenggaraan rapat-rapat DPRD; dan
  4. Penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

Bagian Persidangan, Hukum dan Pengolah Data Aspirasi dipimpin oleh Kepala Bagian yang bertugas membantu Sekretaris DPRD dalam melaksanakan tugas Menyiapkan bahan bimbingan penyelenggaraan kegiatan rapat-rapat,  Menyiapkan bahan bimbingan pengkoordinasian pelaksanaan rapat-rapat, Menyiapkan bahan bimbingan rancangan agenda/ jadwal rapat, Menyiapkan bahan bimbingan pembuatan risalah rapat-rapat DPRD, Menyiapkan bahan bimbingan pengkoordinasian Rancangan Peraturan daerah yang diajukan oleh DPRD, Menyiapkan bahan bimbingan dan pendokumentasian hasil-hasil sidang/ rapat, Menyiapkan bahan bimbingan penataan dokomen kegiatan DPRD, pengolahan data dan informasi serta pembinaan perpustakaan dan Melaksanakan tugas–tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan lingkup tugasnya. Bagian Persidangan, Risalah dan Hukum terdiri atas Sub Bagian Persidangan dan Risalah, Sub  Bagian Perundang – undangan dan Perpustakaan, Sub Bagian Pengolah Data Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat.

 Bagian Umum dipimpin oleh Kepala Bagian yang bertugas membantu Sekretaris DPRD dalam menyiapkan bahan bimbingan persiapan tempat rapat, pertemuan, penerimaan tamu-tamu, menyiapkan bahan bimbingan fasilitasi termasuk konsumsi yang diperlukan untuk rapat, pertemuan atau penerimaan tamu, menyiapkan bahan perjalanan dinas Pimpinan dan Anggota DPRD serta Sekretaris dan staf Sekretariat DPRD, menyiapkan bahan bimbingan penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan DPRD dan Sekretariat DPRD serta membantu Sekretaris DPRD dalam Penyusunan rencana dan program hubungan antar lembaga, Humas, Protokol, Publikasi, dokumentasi dan arsip, Penyusunan petunjuk teknis hubungan antar lembaga, Humas, Protokol, Publikasi, Dokumentasi dan arsip serta perpustakaan, Pelaksanaan kegiatan hubungan antar lembaga, Humas, Protokol, Publikasi dan arsip serta perpustakaan, Pembinaan, Monitoring, evaluasi dan pelaporan kegaiatan dokumen antar lembaga, Humas, Protokol, Publikasi, Dokumentasi dan arsip serta perpustakaan dan melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Sekwan. Bagian Umum terdiri atas Sub Bagian Kepegawaian Tata Usaha dan Kearsipan, Sub Bagian Rumah Tangga Perlengkapan dan Aset, Sub Bagian Protokol Humas Dan Dokumentasi.

Bagian Keuangan dipimpin oleh Kepala Bagian yang bertugas membantu Sekretaris DPRD dalam menyiapkan bahan bimbingan penyusunan angaran DPRD dan sekretariat DPRD, menyiapkan bahan bimbingan penyiapan pengkoordinasian jadwal kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, peruntukan dan pengunaan keuangan DPRD dan sekretariat  DPRD, menyiapkan bahan bimbingan pengurusan dan penata usahaan keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD, menyiapkan bahan bimbingan dan pengendalian teknis penyusunan pembukuan/ pertangungjawabaan keuangan DPRD dan sekretariat DPRD dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya. Bagian Keuangan terdiri atas Sub Bagian Perencanaan dan Angaran, Sub Bagian Perbendaharaan dan Pelaporan, Sub Bagian Pembukuan Dan Verifikasi.